Kamis, 25 Februari 2016

Fungsi Periferal (Input)

Berikut fungsi dari beberapa peripheral dalam komputer yang dikelompokkan
dalam fungsinya(perangkat Masukan/input dan perangkat Keluaran/output)

1. Perangkat Masukan

Perangkat masukan (bahasa Inggris: input device) adalah semua periferal
(perangkat keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal
kendali untuk
sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer. Perangkat
masukan dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal:
(a) cara masukan, misalnya melalui gerak mekanis atauaudio;
(b) masukan diskret (tekanan tombol) atau kontinu (posisi tetikus); serta
(c) derajat kebebasan gerakan, misalnya dua dimensi pada tetikus standar dan
tiga dimensi pada navigator untuk aplikasi CAD. Jenis perangkat masukan utama
antara lain adalah papan ketik, perangkat penunjuk, pemindai, perangkat
masukan video (kamera, dll.), serta perangkat masukan audio (mikrofon, dll.).

2. Perangkat Pengetikan

- Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan
data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka,
karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka
file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard
yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973,
keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar
Organization).Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard
sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb
dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY,
yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard
QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.

- ATM (Automated Teller Machine)
Biasa disebut Anjungan Tunai Mandiri biasa digunakan dalam perbankan.
Perangkat ini memungkinkan kita melakukan transaksi pengambilan uang tunai,
pembayaran berbagai jenis tagihan, transfer uang.
ATM bekerja sebagai perangkat I/O sekaligus. Sebagai perangkat masukan,
ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomor PIN (Personal Identification
Number), angka uang, dan hal-hal lain yang tersedia pada menu. Adapun
sebagai perangkat keluaran, ATM memungkinkan pemakai (petugas bank)
melihat perintah maupun kode dang angka yang diketikkan pada perangkat
masukan.

- Point of Sale (POS)
Merupakan perangkat yang digunakan pada toko-toko untuk memasukkan data
pembelian. Biasanya perangkat ini selain berisi tombol seperti keyboard, lengkap
dengan angka-angka, juga masih ditambah fasilitas yang memungkinkan untuk
memproses kartu kredit atau kartu debit.
Point Of Sale atau disingkat POS dapat diterjemahkan bebas menjadi sistem
kasir, yaitu aktivitas yang ber-orientasi pada penjualan yang terjadi pada bidang
usaha retail. Mengapa POS ini menjadi terlihat sangat penting? Hal ini semata￾mata adalah karena POS merupakan terminal tempat uang diterima dari
pelanggan ke toko retail. Bagi pemilik usaha, uang masuk adalah indikator yang
paling mudah untuk mengukur pendapatan, yang disebut dengan OMZET.
POS juga menjadi penting karena seiring dengan berkembangnya usaha, sistem
kasir akan dijalankan bukan oleh pemilik, namun oleh karyawan. Karena itu
pemilik wajib tahu apa yang dikerjakan oleh kasir, dan berapa uang yang
didapatkan secara tepat.
Karena itu dewasa ini, sistem POS atau kasir telah digantikan oleh sistem
komputer kasir. Walaupun tahap implementasi awal terlihat lebih rumit, namun
fitur yang disediakan jauh melebihi dari cash register.

3. Perangkat Penunjuk

Perangkat penunjuk (bahasa Inggris: pointing device) adalah perangkat masukan
(lebih spesifiknya, perangkat antarmuka manusia) yang memungkinkan
pengguna untuk memasukkan data spasial (kontinu dan multidimensi) ke dalam
suatu komputer. Sistem CAD dan antarmuka pengguna grafis (GUI)
memungkinkan pengguna untuk mengendalikan dan memberikan data kepada
komputer dengan menggunakan gestur fisik—tunjuk, klik, dan seret—misalnya
dengan menggerakkan tetikus di atas permukaan destop fisik dan mengaktifkan
tombol pada tetikus tersebut. Gerakan perangkat penunjuk akan diteruskan ke
layar dengan bergeraknya penunjuk atau kursor serta berbagai perubahan visual
lain.
Perangkat penunjuk secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang
berdasarkan gerakan objek dan yang berdasarkan sentuhan pada suatu
permukaan. Contoh jenis pertama adalah tetikus dan bola jejak (trackball),
sedangkan contoh jenis kedua adalah bantalan sentuh (touchpad), tablet grafis
(graphics tablet), layar sentuh, dan tuas kontrol.

- Mouse
Sebuah mouse adalah perangkat genggam kecil yang mendorong di atas
permukaan horisontal. Sebuah mouse pointer bergerak grafis dengan menjadi
meluncur di permukaan halus. Mouse roller-bola konvensional menggunakan
bola untuk membuat tindakan ini: bola berada dalam kontak dengan dua lubang
kecil yang ditetapkan di sudut kanan satu sama lain. Saat bola bergerak memutar
poros tersebut, dan rotasi diukur oleh sensor di dalam mouse. Jarak dan arah
dari sensor ini kemudian ditransmisikan ke komputer, dan komputer bergerak
pointer grafis pada layar dengan mengikuti gerakan mouse. Mouse lain yang
umum adalah mouse optik. Perangkat ini sangat mirip dengan mouse
konvensional tetapi menggunakan cahaya tampak atau inframerah bukannya
bola roller-untuk mendeteksi perubahan posisi

- Trackball
Sebuah trackball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari bola bertempat di
soket yang mengandung sensor untuk mendeteksi rotasi bola sekitar dua sumbu,
mirip dengan mouse terbalik: sebagai pengguna gulungan bola dengan ibu jari,
jari, atau telapak pointer di layar juga akan bergerak. Tracker bola biasanya
digunakan pada workstation CAD untuk kemudahan penggunaan, mana mungkin
tidak ada ruang meja yang menggunakan mouse. Beberapa mampu klip ke sisi
keyboard dan memiliki tombol dengan fungsi yang sama seperti tombol mouse.
Ada juga trackball nirkabel yang menawarkan jangkauan yang lebih luas dari
posisi ergonomis bagi pengguna.

- Pointing Stick
Sebuah tongkat penunjuk adalah inti tekanan kecil yang sensitif digunakan
seperti joystick. Hal ini biasanya ditemukan pada laptop tertanam antara 'G', 'H',
dan 'B' kunci. Ini beroperasi dengan merasakan gaya yang diberikan oleh
pengguna. Yang sesuai "mouse" tombol biasanya ditempatkan tepat di bawah
spasi . Hal ini juga ditemukan pada tikus dan beberapa keyboard desktop.

- Touchpad
Sebuah touchpad atau trackpad adalah permukaan datar yang dapat mendeteksi
kontak jari. Ini adalah perangkat penunjuk stasioner, biasanya digunakan pada
komputer laptop . Setidaknya satu tombol fisik biasanya dilengkapi dengan
touchpad, namun pengguna juga dapat menghasilkan klik mouse dengan
menekan pada pad. Fitur lanjutan mencakup sensitivitas tekanan dan gerakan
khusus seperti bergulir dengan menggerakkan jari seseorang di sepanjang tepi.
Ini menggunakan grid dua lapisan elektroda untuk mengukur gerakan jari: satu
lapisan memiliki strip elektroda vertikal yang menangani pergerakan vertikal, dan
lapisan lainnya memiliki strip elektroda horisontal untuk menangani gerakan
horisontal.

- Touch Screen
Sebuah touchscreen adalah perangkat tertanam ke layar TV monitor, atau sistem
LCD Monitor layar dari laptop komputer. Pengguna berinteraksi dengan
perangkat dengan menekan fisik item ditampilkan pada layar, baik dengan jari￾jari mereka atau beberapa alat bantu.
Beberapa teknologi dapat digunakan untuk mendeteksi sentuhan. Sentuh resistif
dan kapasitif memiliki bahan konduktif tertanam dalam gelas dan mendeteksi
posisi sentuhan dengan mengukur perubahan dalam arus listrik. Infrared
pengendali proyek grid sinar inframerah dimasukkan ke dalam bingkai yang
mengelilingi layar monitor itu sendiri, dan mendeteksi di mana penyadapan objek
balok.
Touchscreens modern dapat digunakan dalam hubungannya dengan stylus
perangkat menunjuk, sementara mereka didukung oleh inframerah tidak
memerlukan sentuhan fisik, tetapi hanya mengenali gerakan tangan dan jari
dalam beberapa rentang jarak minimum dari layar real.
Touchscreens menjadi populer dengan pengenalan Palmtop komputer seperti
yang dijual oleh Palm, Inc produsen hardware, beberapa kelas kisaran tinggi dari
komputer laptop, ponsel smartphone seperti HTC atau Apple Inc iPhone , dan
ketersediaan driver perangkat touchscreen standar ke yang Symbian , Palm OS ,
Mac OS X , dan Microsoft Windows sistem operasi.

- Joystick
Tuas kontrol atau tongkat ria atau Tuas Kendali (bahasa Inggris: joystick) adalah
alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah.
Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan
video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
Tuas kendali telah menjadi alat kontrol utama pada kokpit pesawat terbang,
termasuk pesawat jet dan pesawat militer, baik sebagai tuas utama ataupun tuas
di sisi-sisinya. Tuas kendali juga digunakan untuk mengontrol mesin seperti
mesin derek, truk, kursi roda, kamera pengawas dan mesin pemotong rumput.
Miniatur dari tuas kendali finger-operated telah diadopsi sebagai alat input untuk
peralatan elektronik kecil seperti telepon seluler (ponsel).

4. Perangkat Penunjuk Berbentuk Pena

- Light Pen
Pena cahaya (bahasa Inggris: Light pen) adalah perangkat masukan komputer
dalam bentuk pena yang digunakan bersamaan dengan perangkat komputer
CRT TV atau monitor. Hal ini memungkinkan pengguna menunjuk objek yang
ditampilkan, atau menggamba pada layar, mirip dengan layar sentuh tetapi
dengan keakurasian posisi lebih tinggi.

- Digitizing Tablet
Tablet grafis (Inggris: Graphic Tablet) adalah perangkat keras perangkat
masukan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan
tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya
menggambar di atas kertas menggunakan pensil.
Sebuah tablet grafis terdiri dari tablet digital dan sebuah kursor ataupun sebuah
pena digital (pen). Tablet digital memiliki permukaan yang pipih sebagai alas
gambar yang terdiri atas perlengkapan elektronik yang dapat mendeteksi
gerakan kursor atau pena digital kemudian menerjemahkannya menjadi sinyal
digital yang dikirim langsung ke komputer. Setiap titik atau gerakan pada tablet
merepresentasikan titik atau gerakan pada layer monitor, inilah yang
membedakannya dengan fungsi mouse yang tergantung pada letak kursor. Hasil
gambar tidak akan terlihat pada tablet itu sendiri, melainkan pada monitor
komputer.
Kursor (disebut juga puck) berfungsi layaknya mouse pada komputer, hanya saja
kursor ini dapat memiliki sebanyak 16 tombol dan memiliki jendela dengan helai￾helai rambut (crosshairs) di dalamnya sebagai tempat posisi ujung titik yang
dituju. Sementara Pena digital (disebut juga stilus) mirip dengan pena, hanya
saja memakai tidak memakai tinta melainkan dilengkapi oleh ujung elektronik.

5. Pengambil Gambar Terformat

- Bar Code Reader
Pembaca barcode (atau barcode scanner) adalah sebuah alat elektronik untuk
membaca dicetak barcode . Seperti flatbed scanner , terdiri dari sumber cahaya,
lensa dan sensor cahaya menerjemahkan impuls ke optik yang listrik. Selain itu,
hampir semua pembaca barcode berisi sirkuit decoder menganalisis gambar
barcode data yang diberikan oleh sensor dan mengirim konten barcode untuk
output port scanner.

- Optical Mark Recognition (OMR)
Banyak perangkat OMR tradisional bekerja dengan dedicated scanner perangkat
yang bersinar seberkas cahaya di atas kertas bentuk. Yang kontras reflektivitas
pada posisi yang telah ditentukan pada halaman ini kemudian digunakan untuk
mendeteksi daerah-daerah yang ditandai karena mencerminkan kurang cahaya
dari daerah kosong kertas.
Beberapa perangkat OMR menggunakan formulir yang cetakan pada kertas
'transoptic' dan mengukur jumlah cahaya yang melewati kertas, sehingga tanda
di kedua sisi kertas akan mengurangi jumlah cahaya yang melewati kertas.

- Magnetic Ink Character Recognition (MICR)
Ink Character Recognition magnetik, atau MICR, adalah pengenalan karakter
teknologi yang digunakan terutama oleh industri perbankan untuk memfasilitasi
pemrosesan cek dan membentuk nomor routing dan nomor rekening di bawah
cek. Teknologi ini memungkinkan komputer untuk membaca informasi (seperti
nomor rekening) dari dokumen dicetak. Tidak seperti barcode atau teknologi
yang sama, namun, kode MICR dapat dengan mudah dibaca oleh manusia.
Karakter MICR dicetak dalam tipografi khusus dengan tinta magnetik atau toner,
biasanya mengandung oksida besi . Sebagai teks mesin MICR decode, pertama
magnetizes karakter dalam bidang kertas. Kemudian karakter yang melewati
kepala membaca MICR, sebuah perangkat yang mirip dengan kepala pemutaran
tape recorder . Karena setiap karakter melewati kepala itu menghasilkan unik
gelombang yang dapat dengan mudah diidentifikasi oleh sistem.
Penggunaan pencetakan magnetik memungkinkan karakter untuk dibaca andal
bahkan jika mereka telah overprinted atau dikaburkan oleh tanda lainnya, seperti
prangko pembatalan dan tanda tangan. Tingkat kesalahan untuk pemindaian
magnetik cek khas adalah lebih kecil dibandingkan dengan pengenalan karakter
optik sistem. Untuk dokumen MICR tercetak dengan baik, "tidak dapat membaca"
tingkat biasanya kurang dari 1% sedangkan tingkat substitusi (salah membaca
rate) adalah dalam urutan 1 per 100.000 karakter.

7. Pengambil Gambar Tak Terformat

- Image Scanner
Dalam komputasi, gambar scanner-sering disingkat hanya scanner-adalah
perangkat yang optikal memindai gambar, teks tercetak, tulisan tangan , atau
obyek, dan mengkonversinya menjadi citra digital . Contoh umum ditemukan di
kantor-kantor variasi desktop (atau flatbed) scanner dimana dokumen
ditempatkan pada jendela kaca untuk pemindaian genggam scanner, di mana
perangkat tersebut akan dipindahkan dengan tangan, telah berevolusi dari teks.
Pemindaian "tongkat sihir" untuk 3D scanner yang digunakan untuk desain
industri, reverse engineering, tes dan pengukuran, orthotics, game dan aplikasi
lainnya. Scanner mekanis didorong yang bergerak dokumen biasanya digunakan
untuk dokumen format besar, di mana sebuah desain flatbed akan tidak praktis.
Scanner modern biasanya menggunakan perangkat charge-coupled (CCD) atau
Contact Image Sensor (CIS) sebagai sensor gambar, sedangkan scanner drum
yang lebih tua menggunakan photomultiplier tabung sebagai sensor gambar.

- Kamera Digital
Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya
dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr
CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media
simpan digital.
Karena hasilnya disimpan secara digital maka hasil rekam gambar ini harus
diolah menggunakan pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak
yang daat membaca media simpan digital tersebut.
Kemudahan dari kamera digital adalah hasil gambar yang dengan cepat
diketahui hasilnya secara instan, kemudahan memindahkan hasil (transfer), dan
penyuntingan warna, ketajaman, kecerahan dan ukuran yang dapat dilakukan
dengan relatif lebih mudah daripada kamera manual.

- Pembaca Retina Mata
Scan retina, umumnya bingung dengan "scanner iris" lebih tepat bernama,
adalah biometrik teknik yang menggunakan pola unik pada seseorang retina
untuk mengidentifikasi mereka. Hal ini tidak menjadi bingung dengan teknologi
lain okular berbasis, pengenalan iris.

- Pembaca Sidik Jari
Pengenalan sidik jari atau otentikasi sidik jari mengacu pada otomatis metode
verifikasi pertandingan antara dua manusia sidik jari . Sidik jari adalah salah satu
dari banyak bentuk biometrik digunakan untuk mengidentifikasi individu dan
memverifikasi mereka identitas . Artikel ini menyentuh pada dua kelas utama dari
algoritma (minutia dan pola) dan empat sensor desain (optik, ultrasonik,
kapasitansi pasif, dan kapasitansi aktif).

8. Suara

- Mikropon
Mikrofon (bahasa Inggris: microphone) adalah suatu jenis transduser yang
mengubah energi-energi akustik (gelombang suara) menjadi sinyal listrik.
Mikrofon merupakan salah satu alat untuk membantu komunikasi manusia.
Mikrofon dipakai pada banyak alat seperti telepon, alat perekam, alat bantu
dengar, dan pengudaraan radio serta televisi.
Istilah mikrofon berasal dari bahasa Yunani mikros yang berarti kecil dan fon
yang berarti suara atau bunyi. Istilah ini awalnya mengacu kepada alat bantu
dengar untuk suara berintensitas rendah. Penemuan mikrofon sangat penting
pada masa awal perkembangan telepon. Pada awal penemuannya, mikrofon
digunakan pada telepon, kemudian seiring berkembangnya waktu, mikrofon
digunakan dalam pemancar radio hingga ke berbagai penggunaan lainnya.
Penemuan mikrofon praktis sangat penting pada masa awal perkembangan
telepon. Beberapa penemu telah membuat mikrofon primitif sebelum Alexander
Graham Bell.

- Automatic Speech Recognition (ASR)
Dalam ilmu komputer , speech recognition (SR) adalah terjemahan dari kata-kata
yang diucapkan menjadi teks. Hal ini juga dikenal sebagai "pengenalan suara
otomatis", "ASR", "komputer pengenalan suara", "pidato ke teks", atau hanya
"STT". Beberapa sistem SR menggunakan "pelatihan" di mana seorang
pembicara individu membaca bagian teks ke dalam sistem SR. Sistem ini
menganalisis suara tertentu orang tersebut dan menggunakannya untuk fine tune
pengakuan pidato orang tersebut, sehingga transkripsi lebih akurat. Sistem yang
tidak menggunakan pelatihan yang disebut "Speaker Independen" sistem. Sistem
yang menggunakan pelatihan yang disebut "Speaker Dependent" sistem.
Pidato pengakuan aplikasi termasuk antarmuka pengguna suara seperti
panggilan suara (misalnya, "Call home"), call routing (misalnya, "Saya ingin
membuat collect call"), domotic kontrol alat, pencarian (misalnya, menemukan
podcast di mana tertentu kata yang terucap), sederhana entri data (misalnya,
memasukkan nomor kartu kredit), persiapan dokumen terstruktur (misalnya,
sebuah laporan radiologi), pidato-untuk-pengolahan teks (misalnya, pengolah
kata atau email ), dan pesawat (biasanya disebut Masukan Suara Langsung ).

- Headset
Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya
digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat
komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP. Teknologi headset sudah
merambah ke dunia komunikasi, khususnya teknologi telepon selular.

- Touchtone
Dual-tone multi frekuensi sinyal (DTMF) digunakan untuk telekomunikasi sinyal
melalui saluran telepon analog pada pita suara-frekuensi antara telepon handset
dan perangkat komunikasi lainnya dan pusat switching . Versi DTMF yang
digunakan dalam tombol push telepon untuk panggilan nada dikenal sebagai
Touch-Tone. Ini dikembangkan oleh Western Electric dan pertama kali digunakan
oleh Sistem Bell dalam perdagangan, dengan menggunakan nama itu sebagai
merek dagang terdaftar. DTMF adalah standar oleh ITU-T Rekomendasi Q.23 .
Hal ini juga dikenal di Inggris sebagai MF4.
Lain multi frekuensi sistem yang digunakan untuk sinyal internal dalam jaringan
telepon.
Diperkenalkan oleh AT & T pada tahun 1963, sistem Touch-Tone menggunakan
tombol telepon secara bertahap menggantikan penggunaan tombol pemutar dan
telah menjadi standar industri untuk darat layanan.

- Video
Video adalah teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak.
Aplikasi umum dari sinyal video adalah televisi, tetapi dia dapat juga digunakan
dalam aplikasi lain di dalam bidang teknik, saintifik, produksi dan keamanan.
Kata video berasal dari kata Latin, "Saya lihat".
Istilah video juga digunakan sebagai singkatan dari videotape, dan juga perekam
video serta pemutar video.

9. Gerakan

- Glove
Sebuah sarung kabel (kadang-kadang disebut "dataglove" atau "cyberglove")
adalah sebuah perangkat input untuk interaksi manusia-komputer yang
dikenakan seperti sarung tangan.Berbagai sensor teknologi yang digunakan
untuk menangkap data fisik seperti menekuk dari jari . Seringkali tracker gerak,
seperti magnet alat pelacak atau perangkat pelacakan inersia , melekat untuk
menangkap posisi / rotasi data global dari sarung tangan. Gerakan-gerakan ini
kemudian diinterpretasikan oleh perangkat lunak yang menyertai sarung tangan,
sehingga setiap gerakan yang dapat berarti banyak hal. Gestures kemudian
dapat dikategorikan menjadi informasi yang berguna, seperti untuk mengenali
Sign Language atau fungsi simbolis lainnya. Mahal high-end sarung kabel juga
dapat memberikan haptic feedback, yang merupakan simulasi dari indera
peraba. Hal ini memungkinkan sarung tangan kabel juga dapat digunakan
sebagai perangkat output. Secara tradisional, sarung kabel hanya telah tersedia
dengan biaya yang besar, dengan sensor tikungan jari dan perangkat pelacakan
harus dibeli secara terpisah.Sarung kabel sering digunakan dalam virtual reality
lingkungan.

- Sensor
Sensor adalah sesuatu yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan
lingkungan fisik atau kimia. Variabel keluaran dari sensor yang diubah menjadi
besaran listrik disebut Transduser.
Pada saat ini, sensor tersebut telah dibuat dengan ukuran sangat kecil dengan
orde nanometer. Ukuran yang sangat kecil ini sangat memudahkan pemakaian
dan menghemat energi.

- Radio Frequency Identification Device (RFID)
Radio-frekuensi identifikasi (RFID) adalah penggunaan sistem non-kontak
nirkabel yang menggunakan frekuensi radio medan elektromagnetik untuk
mentransfer data dari tag yang melekat pada suatu objek, untuk tujuan
identifikasi otomatis dan pelacakan. Beberapa tag memerlukan baterai dan tidak
ada yang didukung oleh medan elektromagnetik yang digunakan untuk
membacanya. Lainnya menggunakan sumber daya lokal dan memancarkan
radio gelombang ( radiasi elektromagnetik pada frekuensi radio). Tag berisi
informasi yang disimpan secara elektronik yang dapat dibaca dari sampai
dengan beberapa meter (meter) jauhnya. Tidak seperti bar code , tag tidak perlu
berada dalam garis pandang pembaca dan dapat tertanam dalam objek yang
dilacak.
RFID tag yang digunakan di banyak industri. Sebuah tag RFID melekat pada
mobil selama produksi dapat digunakan untuk melacak kemajuan melalui jalur
perakitan. Farmasi dapat dilacak melalui gudang. Ternak dan hewan peliharaan
mungkin memiliki tag disuntikkan , memungkinkan identifikasi positif dari hewan.
Karena RFID tag dapat melekat pada pakaian, harta, atau bahkan tertanam di
dalam orang , kemungkinan membaca informasi pribadi-terkait tanpa persetujuan
telah menimbulkan kekhawatiran privasi.

- Pembaca Kartu Magnetik
untuk membaca kartu keluaran bank yang berbasis magnetik, pakai mesin EDC
alias electronic data captured. mesin kartu ini untuk otorisasi kartu kredit atau
kartu debit secara online. jadinya secara otomatis saldo dalam kartu kredit atau
kartu debit akan berkurang sesuai dengan jumlah transaksi yang dibayarkan.
misalnya seperti kemarin, saya beli sayur mayur dan beberapa perkakasnya
untuk salad. habisnya Rp 94 ribu. ya sudah, sekali gesek, bakal tergerus senilai
itu tuh kartu saya.
dari sisi teknologi, EDC merupakan alat yang memanfaatkan teknologi digital
dalam database informasi. Jadi, informasi yang tersimpan dalam bentuk analog
(kertas) akan diubah menjadi data elektronik. Hal ini akan menghemat biaya dan
mendorong efisiensi karena menghindari penggunaan kertas (paperless
transaction).
di meja kasir, biasanya ada lebih dari satu mesin. bisa dua, tiga, bahkan lebih
dari itu. mesin EDC itu dikeluarkan oleh beberapa bank besar yang pastinya juga
menerbitkan kartu kredit atau kartu debit. jika kartu kredit Anda tidak bisa
digunakan di mesin EDC milik bank lain, tenang saja lah. soalnya, kartu kredit
Anda tetap bisa digesekkan pada mesin EDC bank lain, asalkan jaringan kartu
kredit Anda sama dengan jaringan EDC tersebut. misalnya saja, kartu kredit Visa
bisa digunakan di mesin EDC Visa. sama juga untuk mastercard. arturan main ini
beda untuk mesin EDC kartu debit. untuk kartu debet satu bank, saat ini hanya
bisa digunakan di EDC bank yang sama.
hanya saja, butuh sedikit hati-hati untuk menggunakan kartu kredit atau kartu
debit di merchant. banyak pelaku kejahatan bertebaran di sekitar anda. yang
paling sederhana saja, sebelum kartu kredit atau kartu debit Anda digesekkan
pada EDC, penjahat biasanya lebih dulu menggesekkan kartu Anda pada alat
yang bisa menyalin informasi di kartu Anda.
yang lebih canggih lagi juga ada. si pelaku kejahatan menyadap informasi kartu
Anda melalui jaringan telepon atau Local Area Network (LAN) yang terhubung
dengan jaringan EDC. saat Anda melakukan transaksi di mesin EDC yang sudah
disadap, secara otomatis informasi yang ada di kartu akan disalin semua.

1 komentar: